Minggu, 15 Desember 2019

Ketua Perempuan Tani HKTI Gresik Hadiri Diskusi Publik Tentang Regenerasi Petani


Bertempat di hotel Sapta Mawa Gresik Badan koordinasi HMI Jawa Timur ( BADKO - HMI Jawa Timur ) menyelenggarakan diskusi publik dengan tema regenerasi petani ( refleksi akhir tahun pertanian Indonesia ) pada hari Senin, 16 Desember 2019. Sebagai narasumber pada acara tersebut:
1. Hadi Sulistyo ( Kepala Dinas Pertanian Pemprov Jatim )
2. Pranaya Yudha M ( Anggota Komisi B DPRD Jatim )
3. Abdus Salim ( Sekjen ASPPEHORTI )


Dalam diskusi publik tersebut, ketua perempuan tani HKTI Gresik dr. Nila Hapsari Singgih menyampaikan beberapa pertanyaan terkait dengan isu terbaru yang berhubungan dengan pertanian, diantara pertanyaan yang disampaikan oleh ibu 2 orang anak ini adalah:
1. Strategi apa yang akan dilakukan oleh Dinas Pertanian Pemprov Jatim untuk menghadapi bonus demografi yang diperkirakan akan terjadi di Jawa Timur pada tahun 2024? Mengingat usia petani saat ini mayoritas diatas usia 40 tahun
2. Sesuai dengan program Nawa Bhakti Satya yang di sampaikan oleh ibu Gubernur Jatim, untuk milenial job centre di industri pertanian bisa diakses darimana saja?


Menjawab pertanyaan ketua PT HKTI Gresik tersebut, narasumber menyampaikan bahwa kerjasama dengan dinas terkait sangat diperlukan sebagai upaya dalam menghadapi bonus demografi, bonus demografi memiliki arti bahwa usia anak - anak muda yang produktif jumlahnya lebih banyak dari orang dewasa. Menghadapi hal tersebut Pemprov Jatim telah menyediakan milenial job centre di setiap Bakorwil se wilayah Jatim, selain itu Pemprov Jatim juga memiliki program UKM agro berbasis industri. Narasumber mencontohkan, saat ini saja jahe berpotensi import kurang lebih 1.000 ton per bulan, apabila setiap ibu rumah tangga bisa memanfaatkan halaman pekarangannya untuk menanam jahe dan juga dilakukan pendampingan dan bimbingan secara profesional, maka kita bisa menjawab permasalahan ini, sambungnya.

0 comments:

Posting Komentar