Selasa, 09 Januari 2018

Bermodalkan 2 Juta dan Kerja Keras

BERMODALKAN Rp 2 JUTA DAN KERJA KERAS, ULIN BERHASIL MERAUP KEUNTUNGAN BERSIH MINIMAL Rp 400.000 SETIAP HARINYA
Image result for gambar masakan indonesia

Manusia adalah makhluk sosial yang senantiasa selalu memerlukan manusia lainnya untuk keberlangsungan hidupnya, berbicara mengenai kehidupan bermasyakat, pastilah kita menemukan berbagai macam perbedaan antara satu orang dengan orang yang lainnya. Perbedaan ini bisa dilihat dari macam- macam, seperti dari status sosial, barang dipakai sehari- hari, pekerjaan, karir dan lain sebagainya. Pastilah di suatu masyarakat ada yang mempunyai keadaan yang lebih ada pula mempunyai keadaan yang kurang. Dalam hidup bernegara, kita menemukan bahwa ada negara yang nyatanya lebih maju dari pada negara lain seperti negara berkembang dan negara yang terbelakang. Negara maju adalah negara yang diukur dari kesejahteraan masyarakatnya, salah satu ciri atau karakteristik dari negara maju yang dapat diukur dengan jumlah uang adalah bahwa negara maju memiliki jumlah pendapatan per kapita yang tinggi. Pendapatan per kapita sendiri merupakan rata- rata pendapatan suatu negara, untuk menghitung pendapatan per kapita kita bisa mendapatkannya dengan membagi jumlah pendapatan nasional suatu negara dibagi dengan jumlah penduduk yang ada di negara tersebut. Golongan pendapatan per kapita tinggi pastilah memiliki batasan tertetu. Negara maju sebagian besar penduduknya memiliki pendapatan per kapita yakni di atas US$ 20.000. hampir semua negara maju yang ada di dunia pun memiliki pendapatan per kapita lebih dari US$ 20.000. dengan jumlah yang demikian maka sebagian besar kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi dan angka kemiskinan di negara maju pun tergolong sedikit.

Untuk bisa mendapatkan pendapatan yang lebih, maka disarankan setiap orang memiliki usaha atau bisnis, dan bisnis yang paling menjanjikan dengan modal kecil adalah bisnis kuliner. Bisnis kuliner merupakan usaha yang tidak ada matinya, karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa lepas dari kita. Tapi untuk bisa bertahan dalam bisnis kuliner diperlukan kreatifitas dan inovasi secara terus menurus. Semakin banyak kreatifitas dan ide tentang kuliner yang kamu punyai, akan semakin banyak juga pelanggan yang selalu penasaran dengan menu kuliner yang kamu sajikan. Apalagi bila menu makanan yang anda sajikan memiliki rasa yang nikmat, nama bisnis anda akan menyebar dengan sendirinya. Bisnis kuliner sendiri memiliki beberapa kategori, mulai dari makanan ringan, minuman atau makanan pokok. Semua kategori bisnis kuliner ini (makanan ringan, minuman atau makanan pokok) memiliki prospek yang bagus, tergantung bagaimana anda mengemasnya.
Salah satunya contohnya adalah usaha yang saat ini tengah digeluti oleh Ulin, anak muda berusia 22 tahun ini sedang merintis usahanya dikawasan Gresik kota. Usahanya cukup simpel dan sederhana, tetapi bisa menghasilkan hampir Rp 15 juta perbulan, pendapatannya hampir setara dengan gaji seorang manager di perusahaan ternama atau minimal setara dengan gaji pejabat eselon III. Bisnis yang Ulin tekuni tidak lain adalah warung nasi Soto dan Nasi Goreng, warung nasi yang berlokasi dihalaman rumah milik orang tuanya hanya berukuran 4 x 4 meter. Bermodal warisan rombong dan alat masak dari almarhum ayahnya dan uang tabungan sebesar Rp 2.000.000,-  Ulin memberanikan diri membuka usaha warung nasi soto dan nasi goreng. 2 bulan pertama Ulin masih belum mendapatkan untung yang signifikan, dalam 2 bulan pertama ini merupakan bulan – bulan tersulit yang dihadapi oleh Ulin, karena hampir dipastikan selama 2 bulan pertama Ulin memenuhi kebutuhan sehari – harinya dari sisa tabungan saat dia bekerja sebagai buruh pabrik di wilayah Manyar – Gresik. Sebagai anak muda yang kekinian dan menyadari lokasi usahanya bukan dilokasi yang strategis dan mudah dilihat orang banyak, Ulin sering kali mempromosikan warungnya melalui media sosial, dan dia pun juga bekerja sama dengan aplikasi online untuk pemesanan makanan. Pada bulan ke-3 keuntungan sudah mulai terasa, hampir 150 porsi setiap harinya laku terjual, 1 porsi nya Ulin mendapatkan keuntungan sekitar Rp 2.000,- saja. Harga yang relative terjangkau, masakan yang enak, dan bersih membuat pelanggan terus bertambah. Saat ini warung nasi soto dan nasi goreng tidak kurang dari 200 porsi habis terjual setiap harinya, bahkan disaat weekend bisa menjual sampai 500 porsi. Warung sederhana yang buka mulai jam 08.00 sampai jam 21.00 WIB hampir tidak pernah sepi dari pengunjung, dihari biasa Ulin mendapatkan keuntungan bersih minimal Rp 400.000,- per hari, apabila weekend bisa mendapatkan bersih sampai Rp 1.000.000,-. Konsep yang diterapkan oleh Ulin untuk keberhasilan usaha nya tidak lain adalah:
1.      Profesional;
2.      Tekun dan kerja keras;
3.      Tidak mudah putus asah
4.      Inovasi;
5.      Mengikuti perkembangan tekhnologi;
6.      Dan memberikan pelayanan yang ramah, santun, dan sopan.


Semoga usaha yang saat ini dijalankan oleh Ulin bisa memberikan inspirasi kepada muda mudi Indonesia untuk terus berkarya dan berusaha menjadi interpreoner yang tangguh dan berkwalitas, sehingga kita bisa mandiri dan bisa membantu negara kita untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.