Kamis, 21 Desember 2017

MAKNA SEBUAH PERINGATAN HARI IBU

MAKNA SEBUAH  PERINGATAN  HARI  IBU

Hari Ibu - Pojok Plong
Tanggal 22 Desember selalu identik dengan peringatan hari ibu, hampir semua lapisan masyarakat di Indonesia ramai – ramai merayakannya. Tanggal ini diresmikan oleh Presiden Soekarno di bawah Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 316 Tahun 1959, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928. Kongres ini diselenggarakan di sebuah gedung bernama Dalem Jayadipuran, yang kini merupakan kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional di Jl. Brigjen Katamso, Yogyakarta. Kongres ini dihadiri sekitar 30 organisasi wanita dari 12 kota di Jawa dan Sumatera. Di Indonesia, organisasi wanita telah ada sejak 1912, terinspirasi oleh pahlawan-pahlawan wanita Indonesia pada abad ke-19 seperti KartiniMartha Christina TiahahuCut Nyak MeutiaMaria Walanda MaramisDewi SartikaNyai Ahmad DahlanRasuna Said, dan sebagainya. Kongres dimaksudkan untuk meningkatkan hak-hak perempuan di bidang pendidikan dan pernikahan. Tanggal tersebut dipilih untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Kini, arti Hari Ibu telah banyak berubah, dimana hari tersebut kini diperingati dengan menyatakan rasa cinta terhadap kaum ibu.

Banyak masyarakat bertanya, perlukah peringatan hari ibu diselenggarakan secara nasional? Kenapa ada hari ibu dan tidak ada hari bapak? Hari ibu maupun hari bapak sebenarnya ada disetiap detik dalam kehidupan kita semua, karena tanpa adanya seorang ibu dan seorang bapak tidak mungkin kita terlahir kedunia, di didik dan dibesarkan dengan penuh belaian kasih sayang, sampai kita besar dan sukses seperti saat ini. Melihat itu semua mari kita lihat sedikit saja peran dari seorang ibu sebagai berikut:
Ibu sebagai wakil kepala keluarga dan sekaligus sebagai manager keluarga
Sebagai wakil dan juga merangkap manager rumah tangga tentunya ibu memiliki peran yang sangat penting dan memiliki waktu yang lebih banyak bersama anak - anaknya, seorang ibu harus mampu mengintegrasikan berbagai macam karakter, berbagai macam keadaan/kondisi anggota keluarganya ke dalam satu tujuan rumah tangga. Ibu juga mengatur semua kebutuhan anak-anaknya hingga tumbuh dewasa dan menjadi orang yang berkwalitas.
Ibu sebagai guru abadi untuk anak - anaknya
Pendidikan yang pertama dan paling utama adalah pendidikan didalam rumah tangga, sebagai seorang guru atau pendidik. Seorang ibu mampu mendidik putra-putrinya, mengajarkan sesuatu yang baru, melatih, membimbing mengarahkan serta memberikan penilaian baik berupa reward maupun punishment yang mendidik.
Ibu sebagai tauladan dalam rumah tangga
Sebelum lahir ke kehidupan dunia, seorang anak terlebih dahulu merasakan kehidupan didalam rahim seorang ibu, dan ibu pun mempertaruhkan nyawanya untuk melahirkan anaknya. Disaat semua berbahagia atas kelahiran seorang anak, ibu masih menahan rasa sakit dari kelahirannya. Karena itu kita tidak merasa heran apabila anak – anak lebih terasa dekat kepada ibunya dari pada ke ayahnya. Karena kedekatan itulah seorang ibu juga harus menjadi seorang tauladan atau role model bagi anak-anaknya. Bagaimanapun, anak akan meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya.
Ibu sebagai psikolog bagi keluarganya
Ibu biasanya lebih paham tentang tumbuh kembang anaknya, lebih paham juga tentang pola asuhnya hingga dewasa. Karena itu selain mendidik, ibu juga bisa menjadi psikolog pribadi untuk anak-anaknya. Setiap anak memiliki bakat dan potensi yang berbeda – beda, orang tua wajib hukumnya tahu sehingga orang tua perlu mengetahui hal- hal apa saja yang harus disiapkan untuk anak. Bagaimana caranya menghadapai anak yang nakal, bandel, dan lain – lainnya. Inilah pentingnya peran seorang bapak dan ibu untuk kecerdasan anaknya.
Ibu sebagai chef untuk keluarga
Rumahku adalah surgaku, sebuah ungkapan kalimat yang seringkali kita ungkapkan dan sering kita dengar. Ibu yang pandai dalam membuat masakan yang enak dank has akan selalu membuat suami dan anak – anak akan merasa kangen dan rindu pada rumah. Sebagai seorang chef tentunya seorang ibu harus pandai memutar otak untuk berkreasi menghasilkan menu-menu yang dapat diterima semua anggota keluarga, baik menu sarapan, makan siang, maupun makan malam. Makan bersama keluarga dirumah membuat suasana rumah menjadi nyaman dan tentram, dengan makan bersama akan menimbulkan komunikasi yang baik antar anggota keluarga, dan tidak sedikit permasalahan – permasalahan terselesaikan di meja makan.
Ibu sebagai dokter dan perawat bagi anggota keluarganya
Sebagai seorang  dokter dan perawat bagi anggota keluarganya,  ibu bisa begitu telatennya merawat anak-anaknya, dari mulai mengganti popok ketika bayi, memandikan, menyuapi makan, sampai segala sesuatu yang dibutuhkan oleh putra-putrinya sekecil apapun beliau perhatikan, dan tidak bosan-bosannya mencurahkan kasih sayang dan perhatiannya yang begitu tulus. Ibu yang baik akan selalu menjadi orang pertama yang mengetahui gejala sakit yang terjadi pada anaknya, dan selalu menjadi orang yang paling khawatir terhadap kesehatan anaknya. Ibu sebagai seorang dokter bagaimana seorang ibu harus mampu mengupayakan kesembuhan dan menjaga putra-putrinya dari berbagai hal yang mengancam kesehatan. Berbagai cara dilakukan untuk menjaga anggota keluarganya tetap dalam keadaan sehat
Ibu sebagai menteri keuangan rumah tangga
Seringkali setiap hari untuk kebutuhan rumah dan dapur ibulah yang mengelolahnya, ibu adalah mentri keuangan dalam keluarga. Ia yang mengelola keuangan dalam keluarga dengan sebaik-baiknya, bagaimana mengatur pengeluaran belanja bulanan. Terkadang  ibu juga terlibat bagaimana ikut membantu perokonomian keluarga dengan cara ikut bekerja. Walau bekerja tetap tidak melupakan kodratnya sebagai seorang ibu.
Ibu sebagai seorang arsitek dan desainer dalam rumah tangga
Keindahan dan kerapian sebuah rumah tidak bisa dilepaskan dari peran seorang ibu, ibu bisa menjadi sebagai seorang design interior. Ia bisa menata dan menciptakan berbagai furnitur yang ada di rumahnya untuk menciptakan suasana nyaman, baru, tidak membosankan anggota keluarganya.
Ibu sebagai penjaga perdamaian di rumah
Curahan hati seorang anak seringkali diungkapkan hanya kepada ibunya, hal itu karena kedekatan yang dimiliki seorang ibu kepada anak – anaknya. Menjadi seorang ibu bagaikan menjadi superwoman, ia harus bisa menyeimbangkan perannya, baik dalam keluarga, mau pun dalam pekerjaan. Ia adalah istri yang menyayangi suaminya sekaligus ibu bagi anaknya.
Ibu sebagai pembantu keamanan bagi anak - anaknya
Ayah sebagai penjaga keamanan yang utama dalam keluarga, namun peran tersebut seringkali diperankan juga oleh seorang ibu, terutama apabila seorang ayah sedang tidak berada dirumah untuk mencari nafkah, ibu juga ikut menjaga anak-anaknya.  Dengan kasih sayangnya, ia harus menjaga anaknya dari hal-hal buruk, menjaga anaknya dari hal-hal yang berbahaya dan tidak diingikannya. ia akan begitu khawatir jika anaknya telat pulang.
Ibu sebagai motivator
Sejak masa kelahiran seorang anak, proses pertumbuhan berbagai organ belum sepenuhnya lengkap maksimal. Perkembangan dari proses organ-organ ini sangat ditentukan oleh motivasi/rangsangan yang diterima anak dari ibunya. Rangsangan yang diberikan oleh ibu, akan memperkaya pengalaman dan mempunyai pengaruh yang besar bagi perkembangan kognitif anak. Bila pada bulan-bulan pertama anak kurang mendapatkan stimulasi visual, perhatian terhadap lingkungan sekitar juga akan berkurang.

Dan masih banyak lagi peran seorang ibu dalam kehidupan ini, ibu merupakan hal yang sangat penting dalam membawa kesuksesan seorang anak. Ibu adalah JIMAT ( SIJI DIRUMAT ) artinya Satu yang dipelihara sebagai bekal dalam kehidupan dunia dan akhirat. Selamat hari ibu, jasamu tiada tara….

Lirik lagu: Muara Kasih Bunda
Bunda
Engkaulah muara kasih dan sayang
Apapun pasti kau lakukan
Demi anakmu yang tersayang

Bunda
Tak pernah kau berharap budi balasan
Atas apa yang kau lakukan
Untuk diriku yang kau sayang

Saat diriku dekat dalam sentuhan
Peluk kasihmu dan sayang
Saat ku jauh dari jangkauan
Doa mu kau sertakan

Reff:
Maafkan diriku bunda
Kadang tak sengaja ku membuat remah hatimu terluka
Kuingin kau tahu bunda
Betapa kumencintaimu lebih dari segalanya

*
Kumohon restu dalam langkahku
Bahagiaku seiring doamu

Bunda
Tak pernah kau berharap budi balasan
Atas apa yang kau lakukan
Untuk diriku yang kau sayang

Saat diriku dekat dalam sentuhan
Peluk kasihmu dan sayang
Saat ku jauh dari jangkauan
Doa mu kau sertakan

Reff:
Maafkan diriku bunda
Kadang tak sengaja ku membuat remah hatimu terluka
Kuingin kau tahu bunda
Betapa kumencintaimu lebih dari segalanya

*
Kumohon restu dalam langkahku
Bahagiaku seiring doamu

Bunda
Engkaulah muara kasih dan sayang
Apapun pasti kau lakukan
Demi anakmu yang tersayang